Rabu, 06 Maret 2013

WISATA SEJARAH MUSEUM SOEKARNO DITAMPAKSIRING BALI

Gianyar, Pulau Bali tidak saja memiliki keindahan yang tiada duanya dan terkenal ke penjuru mancanegara, objek wisata alam dan budayanya pun  menjadikanya sebagai salah satu tujuan wisata dunia. Dan hal tersebut akan diperkaya lagi dengan hadirnya  objek wisata sejarah yaitu Museum Presiden Proklamator DR.Ir. Sukarno di Tampaksiring Jalan Dr.Ir. Sukarno, Kabupaten Gianyar, Bali.

Museum Presiden Proklamator DR. Ir. Sukarno ini merupakan museum tempat penyimpanan benda dan foto milik Sukarno yang digunakan semasa beliau menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia pertama. Di dalam museum ini terdapat sekitar 150 foto dan benda-benda peninggalan Bung Karno, benda dan foto tersebut sebagian besar diambil dari arsip Yayasan Bung Karno yang terawat hingga kini, ini di harapkan bisa membangkitkan nilai idiologi bangsa dikalangan pemuda-pemudi Indonesia serta dapat langsung mengenal sosok Bung Karno lebih dekat dalam meraih kemerdekaan.

Museum Presiden Proklamator DR. Ir. Sukarno terdiri atas 2 lantai. Di lantai dasar atau ruangan utama terdapat ruangan proklamasi, ruangan keluarga, Kantor Presiden Sukarno Center dan ruangan internasional. Lantai dua terdapat ruangan Kanjeng Roro Kidul, ruangan rapat dan ruangan teater. Sedangkan di luar museum terdapat perpustakaan, ruangan pameran dan informasi.

Museum Presiden Proklamator DR. Ir. Sukarno ini berada di lahan seluas 1000 meter persegi, dibuat atas pemikiran DR.Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Suyana III seorang putra Hindu Bali asli yang lahir dari keluarga yang sangat mencintai Sukarno sebagai Presiden Indonesia, ide beliau didukung penuh oleh Yayasan Bung Karno yang di ketua oleh putri Sukarno sendiri yaitu Sukmawati Soekarno. Museum ini di resmikan pada tanggal 10 November 2011 bertepatan dengan Hari Pahlawan. Sejak saat itu museum ini di buka untuk umum.  

Adapun fasilias yang tersedia di museum ini, lahan parkir yang cukup memadai, toilet dan gift shop Sukarno Center, sedangkan untuk kebersihan museum ini sendiri dikerjakan oleh pihak management museum.

Jarak tempuh yang diperlukan bila anda ingin berkunjung ke Museum Presiden Proklamator DR. Ir. Sukarno kira-kira 38 km atau kurang lebih 1 jam perjalanan dari Kota Denpasar.

Sungguh besar dan harum nama Bung Karno sebagai Bapak Bangsa sehingga sampai saat ini masyarakat Indonesia masih mengagumi sosok beliau yang berniat menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan terhormat di mata dunia. datanglah ke Museum Presiden Proklamator DR.Ir. Sukarno bila anda ke Bali

SUMBER : swararakyatbali.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar